Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder secara Alami

Posted on by gerry

Mata minus dan mata silinder dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut adalah faktor keturunan. Namun bukan berarti tingkat minus atau silinder mata tidak dapat dikurangi atau bahkan disembuhkan.

Pada dasarnya, mata minus dan silinder tidak menyebabkan kebutaan. Tetapi pada tingkat yang parah, minus dan silinder akan sangat mengganggu dan merepotkan. Banyak orang yang pasrah dengan keadaan matanya dan memilih menyelesaikannya dengan penggunaan kacamata.

Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder secara Alami

Namun dengan kesabaran dan ketekunan, silinder dan minus mata sebenarnya dapat secara alami dikurangi dan disembuhkan. Bagaimana caranya ?

Operasi Mata

Operasi seperti Lasik dapat dengan cepat tidak hanya mengurangi minus dan silindris namun juga menyembuhkan mata minus. Tingkat kesuksesan cara ini juga tergolong tinggi. Walaupun bukan merupakan cara yang alami, tetapi cara ini patut dicoba. Tetapi perlu diingat bahwa operasi mata memerlukan biaya yang sangat besar, selain itu operasi mata memiliki kelemahan-kelemahan seperti :

  • Resiko kegagalan operasi yang menyebabkan kebutaan.
  • Minus dan silindris pada mata dapat kembali atau lebih parah jika terlalu lama di depan komputer.

Untuk mengurangi tingkat minus atau silindris pada mata, dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan alami, yaitu :

1. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang bertanggung jawab terhadap kesehatan mata. Salah satu fungsi vitamin A adalah mengembalikan otot dan lensa mata ke posisi dan kelenturannya semula.

Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi di antaranya adalah wortel, alpukat, sayur bayam, buah beri, pisang, dan tomat.

2. Kurangi aktivitas-aktivitas yang dapat merusak mata

Beberapa aktivitas yang dapat merusak mata di antaranya adalah :

  • begadang
  • menonton televisi terlalu dekat, atau terlalu lama
  • di depan komputer terlalu lama
  • menggunakan smartphone dengan pencahayaan tinggi

Selain itu, olahraga bela diri di mana mata bisa saja terpukul juga harus dihindari karena dapat menyebabkan silindris dan minus mata bertambah.

Bagaimana menghindari aktivitas tersebut dapat mengurangi minus mata?

Pada dasarnya otot mata dan lensa mata memiliki kemampuan untuk kembali normal. Namun pemulihan tersebut hanya terjadi dengan dua syarat yaitu :

  • mata tidak terbebani dengan aktivitas yang merusak mata
  • mata dibiarkan rileks

Namun beberapa kegiatan seperti di depan komputer memang tidak dapat dihindarkan karena merupakan tuntutan pekerjaan. Oleh sebab itu, akan sangat baik jika mengistirahatkan mata selama 1-2 menit setiap 15 menit di depan komputer.

3. Melakukan Terapi dan Olahraga Mata

Kekuatan otot mata, serta kelenturan lensa mata dapat dikembalikan dengan cara merangsang kerja otot dan lensa mata. Beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya :

Membiasakan untuk melepas kacamata

Hal ini sangat perlu dilakukan terutama saat tidak terlalu membutuhkan kacamata. Dengan cara ini, mata akan terbiasa melihat objek dengan lebih fokus sehingga kenormalan mata dapat dikembalikan.

Berlatih melihat objek bergerak

Melihat objek bergerak dan fokus mengikuti pergerakannya juga dapat membantu mengurangi minus dan silindris mata.

Namun perlu diingat, cara ini cukup melelahkan bagi mata, oleh sebab itu sangat diharuskan untuk berhenti saat mata mulai lelah. Tujuannya adalah agar mata tidak mengalami kelelahan yang justru mengakibatkan minus dan silindris pada mata justru meningkat.

Itulah beberapa cara mengurangi mata minus dan silindris. Untuk hasil maksimal, semua cara yang ada harus dilakukan secara bersamaan, berkesinambungan, dan dilakukan dengan penuh kesabaran.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *